Konawe

Penguatan Empat Pilar Kebangsaan, Anggota MPR RI Gencar Sosialisasi

Penguatan Empat Pilar Kebangsaan, Anggota MPR RI Gencar Sosialisasi

KABARSULUH.com – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), tengah gencar melakukan sosialisasi mengenai empat pilar kebangsaan. Hal ini dianggap penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai nilai-nilai dasar berbangsa dan bernegara.

Belum lama ini sosialisasi empat pilar kembali dilakukan oleh anggota MPR RI yang juga merupakan anggota DPD RI dari Sulawesi Tenggara, Ir. H. Abdul Jabbar Toba, M.M., bekerja sama dengan Universitas Lakidende bertempat di Aula Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri (SPPN) Wawotobi pada Sabtu (27/8/2016). Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh 150 orang peserta yang terdiri atas para siswa, staf/dosen Universitas Lakidende, mahasiswa, para pemuda, guru, dan tokoh masyarakat.

Ir. H. Abdul Jabbar Toba, M.M.

Ir. H. Abdul Jabbar Toba, M.M.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, Abdul Jabbar Toba beserta narasumber Prof. Dr. Muh. Jufri Dewa, S.H., M. H., dan Dr. Jamaluddin Hos, M. Si., menjelaskan tentang empat pilar kebangsaan yang meliputi Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai konstitusi negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara, harus terus dijaga. Hal ini merupakan kewajiban seluruh masyarakat Indonesia dalam upaya menjaga keutuhan bangsa. Abdul Jabbar Toba mengakui bahwa pelaksanaan sosialisasi empat pilar perlu dievaluasi, sebab menurutnya kegiatan yang dilakukan sebelumnya belum bisa dipastikan apakah masyarakat bisa menyerap dan memahami nilai – nilai kebangsaan yang disosialisasikan.

Tujuan dilakukan sosialisasi empat pilar adalah untuk meningkatkan pengetahuan kepada seluruh masyarakat tentang empat pilar sebagai nilai-nilai kebangsaan. Sebab hingga saat ini masih banyak warga negara Indonesia bahkan orang yang terdidik telah memahami tetapi belum sepenuhnya mampu melaksanakan dan mengamalkan makna dari empat pilar kebangsaan,” ungkap Abdul Jabbar Toba usai sosialisasi empat pilar kebangsaan.

Suasana sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Universitas Lakidende

Suasana sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Universitas Lakidende

Lebih lanjut Abd. Jabbar Toba mengungkapkan bahwa selama diskusi konsep penguatan lembaga DPD RI mendapat respon sangat positif dari masyarakat yang menginginkan agar penguatan lembaga DPD RI lebih ditingkatkan supaya sejajar dengan DPR RI. “Penguatan DPD RI tentu akan menambah kewenangan anggota DPD RI dalam upaya mewujudkan aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya,” ujarnya.

Komentar dengan Facebook

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


-

Popular

Kantor Kabar Suluh

Gedung Creasi Center, Lt. 3
Jl. Ahmad Yani, No.80, Wua-wua, Kendari, Sulawesi Tenggara.
Phone: 081328451969

Info Redaksi

Untuk hak jawab pemberitaan, silahkan hubungi kami melalui email ke redaksi@kabarsuluh.com

Info Periklanan

Untuk kerjasama periklanan, silahkan hubungi kami melalui email ke iklan@kabarsuluh.com

Copyright © 2017 KABARSULUH.COM

To Top