Kendari

Mohammad Fauzil Adzim Sebut Penderita Autis Bisa Berprestasi

KABARSULUH.COM – Penderita autis ternyata tidak dapat dipandang sebelah mata, sebab meski pada dasarnya penderita ini mengalami kesulitan dalam kehidupan sosialnya, namun ternyata jika didik dengan baik mampu berprestasi.

Hal ini diungkapkan, mantan dosen psikologi Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta, Mohammad Fauzil Adzim dalam kegiatan seminar parenting yang diselenggarakan di Hotel Zahra, Rabu (29/3).

Ia mengatakan, pada dasarnya anak-anak penderita autis tidak jauh berbeda dengan anak-anak lainnya, sebeb mereka juga memiliki masa depan, bahkan jika mereka dapat diterima dengan tulus bisa menjadi orang sukses.

“Kalau mereka diberi perhatian secara penuh, dipahami perbedaanya dan sabar dibina maka mereka bahkan bisa mengalahkan anak-anak normal lain,” terangnya.

Memang, lanjut dia, tidak ada obat bagi penderita autis, akan tetapi jika dididik dengan baik melalui terapi dan intervensi perilaku dapat meningkatkan perkembangan anak secara subtansial, sehingga memiliki daya saing di dalam kehidupan sosialnya.

Baca juga  Meriahnya Acara Jalan dan Senam Sehat Bersama Sahabat Autis

“Terapi dan intervensi perilaku merupakan cara terbaik untuk menjadikan mereka bisa lebih baik dan di Sultra sudah ada wadahnya yaitu UPTD Pelayanan Autis Dikbud Sultra,” jelas dosen sekaligus penulis buku parenting (pendidikan keluarga) ini.

Ia juga memaparkan, tanda-tanda dan gejala autis akat terlihat sebelum usia tiga tahun. Cirinya sendiri yaitu mengalami kesulitas saat terbicara, kesulitan mengespresikan keinginan dan ucapan yang diucapkan terdengar terulang.

“Ciri tersebut biasanya akan terlihat saat usia anak sebelum mencapai tiga tahun, jadi kalau sudah diatas tiga tahun masuk pada kategori aman,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan seminar parenting yang diselenggarakan di Hotel Zahra Kendari merupakan rangkian acara UPTD Pelayanan Autis Dikbud Sultra dalam menyongsong perayaan hari autis sedunia yang jatuh tiap 2 April.

Komentar dengan Facebook

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

Kantor Kabar Suluh

Gedung Creasi Center, Lt. 3
Jl. Ahmad Yani, No.80, Wua-wua, Kendari, Sulawesi Tenggara.
Phone: 081328451969

Info Redaksi

Untuk hak jawab pemberitaan, silahkan hubungi kami melalui email ke redaksi@kabarsuluh.com

Info Periklanan

Untuk kerjasama periklanan, silahkan hubungi kami melalui email ke iklan@kabarsuluh.com

Copyright © 2017 KABARSULUH.COM

To Top