Kendari

Kemenristekdikti Buktikan Karya Tulis Rektor UHO Dr Muhammad Zamrun Bukan Plagiat

KABARSULUH.COM – Kemenristekdikti buktikan hasil karya Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Dr Muhammad Zamrun yang berjudul Microwaves Enhanced Sintering Mechanisms in Alumina Ceramic Sintering Experiments (2016) bukan plagiat.

Hal ini diungkapkan Direktur Jendral Sumber Daya Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti, Prof Dr Ali Ghufrom Mukti MSc Ph D dalam konfrensi pers yang dilakukan di Kantor Kemenristekdikti, Gedung D Lantai 2, Pintu Satu Senayan Jakarta, Selasa (18/7) pukul 10.00 WIB.

Ia menjelaskan, sesuai hasil investigasi dan rapat pertemuan bersama tim dugaan plagiarisme Rektor Terpilih Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, disimpulkan jika dugaan plagiat yang ditudingkan tidak benar.

“Hasil karya Dr Muhammad Zamrun bukanlah plagiat,” terangnya.

Memang, lanjut dia, pada bagian abstrak hasil karya tersebut terdapat satu kalimat yang sama, kemudian pada formulasi teori sub-2, paragraf pertama bagian perbandingan hasil eksperimen efek eksitasi triple phonons dan beberapa kalimat lainnya memiliki kesamaan, tetapi hal itu bukanlah plagiat.

Baca juga  Menangkan Kompetisi, Marching Band Drum Corps UHO Siap Terbang Ke Belanda

“Jika dilihat dari subtansi dan kontribusi artikel yang ditulis maka hasil dari karya tersebut bukanlah plagiat,” bebernya.

Apalagi, masih kata Prof Dr Ali Ghufrom, terkhusus pada bidang sains, teknologi dan kedokteran, kesamaan tekstual belum tentu merupakan tindak plagiatkarena harus lebih ditekankan pada produk atau kontribusi terhadap pengembangan keilmuan yang dihasilkan oleh penulis.

“Kesamaan-kesamaan penulisan pada hasil karya tulis Dr Muhammad Zamrun merupakan kesamaan yang bersifat umum dan hal itu tidak bisa dijadikan indikator sebuah dugaan plagiat. Intinya, dugaan tersebut tidak terbukti,” pungkasnya.

Komentar dengan Facebook

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


-

Popular

Kantor Kabar Suluh

Gedung Creasi Center, Lt. 3
Jl. Ahmad Yani, No.80, Wua-wua, Kendari, Sulawesi Tenggara.
Phone: 081328451969

Info Redaksi

Untuk hak jawab pemberitaan, silahkan hubungi kami melalui email ke redaksi@kabarsuluh.com

Info Periklanan

Untuk kerjasama periklanan, silahkan hubungi kami melalui email ke iklan@kabarsuluh.com

Copyright © 2017 KABARSULUH.COM

To Top