Kendari

Tiga Balon Bersaing Menuju Pertarungan Head to Head

Calon Gubernur Sulawesi Tenggara

KABARSULUH.COM – Masifnya waktu yang tersisa dalam perhelatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 2018 mendatang, semakin membuat persaingan perebutan kendaraan politik bagi para bakal calon menjadi semakin sengit.

Hal ini diperparah dengan hitungan politik yang hanya akan memunculkan dua pasangan calon atau pertarungan Head to Head, berdasarkan analisa pakar dan pengamat politik Sultra.

Menurut pengamat politik Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Dr Muhammad Najib Husen dikonfirmasi telepon genggamnya, Jumat (8/9) mengatakan, jika di Pilgub Sultra 2018 mendatang peluang lahirnya dua calon cukup besar.

“Di Pilgub Sultra kali ini pertarungan head to head itu punya peluang besar untuk terjadi,” ungkapnya.

Kondisi ini, lanjut dia, disebabakan persebaran kursi yang ada di DPRD Sultra tidak merata, dimana hanya didominasi tiga partai besar saja seperti PAN, Demokrat dan Golkar.

Namun, dari tiga partai besar tersebut baru PAN saja yang dapat mengusung calon karena memiliki sembilan kursi, sedangkan untuk partai Demokrat dan Golkar masih membutuhkan kualisi partai lain.

Baca juga  Hari Pertama Poling Dibuka, Bakal Pasangan Calon Rusman-Tina Kalahkan Semua Pesaingnya

“Partai PAN sudah punya calonnya yakni Asrun sedangkan dua partai lainnya masih diperebutkan dan Asrun ikut juga dalam perebutan partai itu,” jelasnya.

Pada Proses ini, gambaran Partai Demokrat untuk berkualisi dengan PAN juga cukup besar, dapat dilihat dari tambahan waktu penjaringan bakal calon yang dilakukan Partai Demokrak ketika Asrun ingin masuk.

“Saat itu Demokrat telah menutup penjaringan bakal calonnya, namun kembali dibuka setelah Asrun ingin mendaftar. Ini menunjukan, akan berkoalisinya Demokrat dan PAN punya peluang besar,” paparnya.

Jika itu terjadi, masih kata alumnus S3 UGM ini, maka pertarungan head to head tidak dapat dihindari, karena kecenderungan parpol lebih banyak mendukung calon yang berpeluang besar bisa memenangkan pertarungan.

“Kondisi ini lah yang akan menjadi seleksi alam bagi para bakal calon yang balihonya telah banyak terpampang,” tandasnya.

Hitungan ini, dibenarkan juga Ketua Jurusan Ilmu Politik Fisip UHO Prof. Eka Suaib. Ia mengatakan, kondisi persebaran kursi yang tidak merata di DPRD Sultra membuat peta koalisi hanya akan menghasilkan paling banyak tiga calon saja.

Baca juga  Di Usung Tiga Partai, Rusman-Tina Jadi Penyebab Gagalnya Peluang Head To Head

“Kalau bukan dua calon pasti tiga calon,” tambahnya.

Sementara itu, Dosen Fakultas Ilmu Sosial Politik UHO Kendari, La Ode Darman SSos MHum juga memaparkan, bahwa dalam perhelatan Pilgub Sultra kali ini, hanya ada tiga bakal calon yang mendominasi, yaitu Ir Asrun, Rusda Mahmud, dan Ali Mazi.

“Kalau kita lihat dari sudut kekuatan, kesiapan dan popularitas untuk Pilgub Sultra kali ini hanya didominasi tiga balon saja,” terangnya.

Ketiga balon yang telah memiliki pasangan ini, kini bersaing dalam perebutan kendaraan politik untuk menuju pertarungan head to head. Dimana, Rusda Mahmud dan Ali Mazi harus bekerja keras untuk bisa meyakinkan kendaraan politiknya agar bisa diusung.

“Kalau Asrun sudah cukup dengan PAN, tetapi jika Demokrat bisa bersamanya juga, maka head to head terjadi, dimana pergesekan Rusda Mahmud dan Ali Mazi semakin kuat,” paparnya.

Darman mengeaskan, ketika kondisi tersebut terjadi, maka dipertarungan di Pilgub Sultra nanti Asrun yang berpasangan dengan Amirul Tamin akan menjadi penantang dari Ali Mazi dan Lukman Abunawas atau Rusda Mahmud dan Syafei Kahar.

Baca juga  Wawali Sebut Program Persaudaraan Madani Kehilangan Ruhnya

“Rusda Mahmud-Syafei Kahar dan Ali Mazi-Lukman Abunawas, kini punya peluang sama untuk bisa maju. Jadi, kalau disimpulkan hanya Ali Mazi dan Asrun yang bertarung itu sudah keliru,” pungkasnya.(B)
Reporter : Arwan Syah

Komentar dengan Facebook

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


-

Popular

Kantor Kabar Suluh

Gedung Creasi Center, Lt. 3
Jl. Ahmad Yani, No.80, Wua-wua, Kendari, Sulawesi Tenggara.
Phone: 081328451969

Info Redaksi

Untuk hak jawab pemberitaan, silahkan hubungi kami melalui email ke redaksi@kabarsuluh.com

Info Periklanan

Untuk kerjasama periklanan, silahkan hubungi kami melalui email ke iklan@kabarsuluh.com

Copyright © 2017 KABARSULUH.COM

To Top