Kendari

KPU Sultra Jaga Independensi Dalam Proses Pendaftaran Jalur Perseorangan

Komisoner KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir

KABARSULUH.COM – Sebagai lembaga penyelenggara pilkada, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra berjanji akan selalu menjaga netralitasnya dalam menjalankan tugas tanggung jawabnya.

Baik itu, pada proses tahapan pilkada melalui partai politik maupun tahapan pilkada melalui jalur perseorangan yang dimulai dari penelitian jumlah dukungan, sebaran dukungan, penelitian administrasi dan analisis ganda balon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra.

Komisoner KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir ditemui di ruang kerjanya mengungkapkan, hari ini pihaknya telah membuka pendaftaran balon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra melalui jalur perseorangan bersama Bawaslu Sultra dan seluruh media di Kota Kendari untuk memberikan gambaran teknis dari proses penelitian serta analisis syarat dukungan.

“Kegiatan ini kita sengaja buat seperti ini agar semua tahu dan dapat melihat langsung proses verifikasi yang kita lakukan seperti apa,” ungkap Natsir ditemui di ruang kerjanya, Rabu (22/11).

Baca juga  Hari Pertama Poling Dibuka, Bakal Pasangan Calon Rusman-Tina Kalahkan Semua Pesaingnya

Ia menjelaskan, sebelum membuka proses pendaftaran ini, pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi dan itu telah dilakukan sebanyak dua kali dengan materi tentang syarat pendaftaran calon dan sistem informasi pencalonan (silon) pilkada.

“Sosialisasi yang kita lakukan itu sukses dan ada beberapa bakal pasangan calon yang juga semapt hadir pada kegiatan itu, seperti Andre Dermawan pasangan Wa Ode Nurhayati dalam momentum Pilgub Sultra 2018 nanti,” jelasnya.

Terkait proses yang dilaksankan hari ini, lanjut dia, pihak Bawaslu Sultra sebagai rekan kerja KPU diberikan akses pengawasan pada setiap proses tahapan, mulai dari penelitian jumlah dukungan, sebaran dukungan, penelitian administrasi dan analisis ganda dari calon yang akan mendaftar.

“Bawaslu dapat langsung memberikan masukan ataupun informasi agar kami dapat melakukan respon cepat untuk kelancaran semua proses tahapannya,” papar pemilik sapaan akrab Ojo ini.

Sementara untuk media, masih kata dia, perannya sangatlah dibutuhkan. Bukan hanya sebagai pengawas, tetapi juga sebagai penghubung dalam menyampaikan semua tahapan teknis yang dilakukan KPU kepada publik.

Baca juga  Papar Visi Misi Di Hanura, Rusman Optimis Dapatkan Rekomendasi

“Peran media itu besar dan dengan adanya kawan-kawan pada kegiatan ini tentu mampu memberikan informasi kepada publik sehingga mereka juga paham,” pungkasnya.(B)

 

 

Reporter : Suhardiman Naba
Editor : M Andre

Komentar dengan Facebook

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


-

Popular

Kantor Kabar Suluh

Gedung Creasi Center, Lt. 3
Jl. Ahmad Yani, No.80, Wua-wua, Kendari, Sulawesi Tenggara.
Phone: 081328451969

Info Redaksi

Untuk hak jawab pemberitaan, silahkan hubungi kami melalui email ke redaksi@kabarsuluh.com

Info Periklanan

Untuk kerjasama periklanan, silahkan hubungi kami melalui email ke iklan@kabarsuluh.com

Copyright © 2017 KABARSULUH.COM

To Top