Kendari

Wawali Kendari, Pemerintah Seperti Diatur Partai

ilustrasi kursi jabatan wawali kendari

KABARSULUH.COM – Belum terlaksananya pemilihan Wakil Wali (Wawali) Kota Kendari, dinilai politkus Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Tenggara (Sultra) Ir Sukarni merupakan dampak dari sikap Pemerintah Kota Kendari yang terkesan diatur partai.

Pasalnya, dua nama calon Wawali Kendari yang semestinya telah diserahkan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari untuk dipilih, justru tidak dilakukan dengan alasan masih menunggu usulan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Kondisi ini, membuat kesan jika Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir sebagai kepala pemerintahan diatur partai,” katanya, Kamis (11/4).

Ia menjelaskan, berdasarkan aturan main yang semestinya, Wali Kota Kendari tidak memiliki hak untuk menahan atau tidak meneruskan hasil putusan yang sudah ada, sebab nama yang diusul merupakan hasil putusan dari tiga parpol pengusung.

“Tiga parpol itu termaksud PKS, tetapi dalam perjalanannya partai ini tidak mengakui jika setuju. Ini kan aneh dan lucu, karena meraka kembali ingin mengusulkan lagi,” sebutnya.

Baca juga  Komisi II Akan Ajukan Pembuatan Perda Wisata Halal Di Kota Kendari

Calon anggota legislatif (caleg) daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Kendari-Kendari Barat ini menegaskan, bahwa roda pemerintahan saat ini belum stabil dan berjalan dengan baik, sebab Wakil Wali Kota Kendari belum ada.

“Kekosongan jabatan wakil sudah terlalu lama, padahal semestinya itu sudah ada, karena pengusulan untuk pemilihan sejak awal Maret,” tandasnya.

Diketahui, parpol pengusung Adriatma Dwi Putra-Sulkarnain Kadir (ADP-SUL) pada pemilihan Wali Kota Kendari 2017 lalu ada tiga yaitu PAN, PKS, dan PKB.

Tiga parpol ini sudah melakukan rapat internal untuk memutuskan nama calon Wawali Kendari sebagaimana aturan main yang berlaku yaitu Siska Karina Imran dan Rahman Tawulo.

Akan tetapi karena ada hal dan lain hal, putusan usulan tersebut dianggap tidak sah, dan PKS melakukan rapat internal untuk mengusulkan nama calonnya sendiri, yang hingga saat ini belum juga diputuskan.

Rull

Komentar dengan Facebook

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

Kantor Kabar Suluh

Gedung Creasi Center, Lt. 3
Jl. Ahmad Yani, No.80, Wua-wua, Kendari, Sulawesi Tenggara.
Phone: 081328451969

Info Redaksi

Untuk hak jawab pemberitaan, silahkan hubungi kami melalui email ke redaksi@kabarsuluh.com

Info Periklanan

Untuk kerjasama periklanan, silahkan hubungi kami melalui email ke iklan@kabarsuluh.com

Copyright © 2017 KABARSULUH.COM

To Top