Muna Barat

Baitul Makmur Wakili Partai Demokrat di DPRD Mubar, Gulingkan Incumbent dengan Lima Suara

Baitul Makmur

KABARSULUH.COM – Hasil pemilihan legislatif (pileg) 2019 diberbagai wilayah di Indonesia telah dapat diketahui, begitu juga dengan wilayah di Kabupaten Muna Barat (Mubar).

Banyak kisah dan hal unik yang terjadi pada pemilihan kali ini, bahkan incumbent harus rela melepaskan kedudukannya karena tersungkur dari partner separtainya atau karena tidak memiliki banyak suara untuk mengantarkan partainya memperoleh kursi sebagai perwakilan rakyat.

Di Partai Demokrat dari tujuh calon yang disiapkan untuk daerah pemilihan (dapil) II di Mubar yang meliputi Kecamatan Lawa, Barangka, Wadaga, dan Tiworo Selatan, hanya bisa menghasilkan satu kursi.

“Yang banyak mendulang suara adalah pendatang baru yaitu Baitul Makmur mantan Kepala Desa Wakontu Kecamatan Wadaga Kabupaten Muna Barat,” kata La Ode Darman salah satu tim pemenangan Baitul Makmur, Selasa (23/4).

Ia menjelaskan, berdasarkan formulir C1 hasil pemilihan di semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dapil II, Baitul Makmur mampu mendulang suara hingga 720 dan mengantarkannya sebagai yang terpilih mewakili rakyat.

Baca juga  Rajiun Evaluasi Kinerja Seluruh SKPD Mubar

“Posisinya itu menggulingkan incumbent Munawir Dio dengan selisih lima suara, dimana Munawir hanya memperoleh 715 suara dan Baitul sebanyak 720 suara,” jelasnya.

Untuk suara total partai, lanjut dia, hanya memperoleh 1567 suara dan tidak bisa mengantarkan Partai Demokrat memperoleh dua kursi.

“Kami bersukur bisa menang meski tidak bisa memenuhi target dua kursi untuk Partai Demokrat di dapil II,” tandasnya.

Namun, masih kata dia, selisih suara yang sangat tipis dengan incumbent, membuat pihaknya sedikit khawatir, pasalnya hal tersebut dapat memicu terjadinya kecurangan pada tahapan pleno.

“Bukan curiga, tapi kami hanya ingin menutup cela terjadinya kecurangan. Jadi, saat ini kami telah meminta setiap tim untuk mengawal proses pleno agar hasil perolehan suara tidak berubah sebagaimana yang tertera pada formulir C1,” tutupnya.

Robin

Komentar dengan Facebook

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


-

Popular

Kantor Kabar Suluh

Gedung Creasi Center, Lt. 3
Jl. Ahmad Yani, No.80, Wua-wua, Kendari, Sulawesi Tenggara.
Phone: 081328451969

Info Redaksi

Untuk hak jawab pemberitaan, silahkan hubungi kami melalui email ke redaksi@kabarsuluh.com

Info Periklanan

Untuk kerjasama periklanan, silahkan hubungi kami melalui email ke iklan@kabarsuluh.com

Copyright © 2017 KABARSULUH.COM

To Top