Kendari

Divonis Bebas, Riki Fajar Kembali jadi Perwakilan PKS di Dapil Kambu Baruga

riki fajar

KABARSULUH.COM – Salah satu calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari daerah pemilihan (dapil) Kambu-Baruga perwakilan Partai Keadilan Sosial (PKS) Riki Fajar divonis bebas majelis hakim Pengadilan Negeri Kendari atas dugaan kasus pelanggaran pemilu.

Putusan tersebut dibacakan majelis hakim dalam sidang putusan yang digelar di ruang sidang Kartika, Pengadilan Negeri (PN) Kelas I Kendari, Selasa (30/4) lalu.

Saat itu, Ketua Majelis Hakim PN Kendari Andri Wahyudi mengatakan, para terdakwa yakni Riki Fajar dan Sulkhani tidak terbukti dalam semua unsur dugaan pelanggaran yang disangkakan terhadap keduanya.

“Atas hal ini, maka terdakwa harus dibebaskan dari segala tuntutan hukum jaksa penuntut umum,” sebut Andri dalam sidang.

Ia juga menyebutkan, segala unsur dalam dugaan pelanggaran pidana pemilihan umum (Pemilu) pasal 493 juncto pasal 280 ayat 2 huruf f juncto pasal 55 ayat 1, undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu tidak terbukti.

Baca juga  Bawaslu Sultra Janji Dalami Kasus Keterlibatan Camat Kambu Bantu Caleg PKS

“Unsur-unsur yang dimaksud seperti mengikutsertakan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam kampanye tidak terbukti sehingga secara sah kedua terdakwa divonis bebas dan untuk segala biaya perkara dibebankan kepada negara,” tandasnya.

Putusan vonis bebas ini juga membuahkan hasil yang baik, pasalnya Riki Fajar kembali menjadi perwakilan partainya untuk duduk di kursi DPRD Kota Kendari periode 2019-2024 karena berhasil unggul dari partner separtainya.

Pada prosesi pemilihan umum (pemilu) 17 April lalu, Riki Fajar berhasil meraup suara terbanyak dan berdasarkan hasil perhitungan formulir C1 PKS mendapatkan dua kursi untuk dapil Kambu-Baruga.

Sesuai estimasi yang ada, perwakilan PKS di dapil Kambu-Baruga yaitu Riki Fajar dan dr Jabar Al Jufri.

Untuk partai lain yang ikut lolos dalam kontestasi politik tersebut yaitu Partai Gerindra yang diwakili calonnya La Ode Ali Akbar, Partai Golkar diwakili LM Rajab Jinik, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diwakili Hetty Purnawati Saranani, dan Partai Amanat Nasional (PAN) diwakili Anita Dahlan Moga.

Baca juga  Masyarakat Diizinkan Bawaslu Tangkap Pelaku Money Politik

Andre

Komentar dengan Facebook

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

Kantor Kabar Suluh

Gedung Creasi Center, Lt. 3
Jl. Ahmad Yani, No.80, Wua-wua, Kendari, Sulawesi Tenggara.
Phone: 081328451969

Info Redaksi

Untuk hak jawab pemberitaan, silahkan hubungi kami melalui email ke redaksi@kabarsuluh.com

Info Periklanan

Untuk kerjasama periklanan, silahkan hubungi kami melalui email ke iklan@kabarsuluh.com

Copyright © 2017 KABARSULUH.COM

To Top