Politik

Meski Menang Pilcaleg, Sulkhani dan Riki Fajar Gagal Jadi Anggota DPRD

La Ode Abdul Natsir, ketua kpu sultra

KABARSULUH.COM – Dua calon anggota legislatif asal Partai Keadilan Sosial (PKS) yakni Sulkhani dan Riki Fajar telah dinyatakan menang dalam pemilihan umum (pemilu) 17 April 2019 lalu, namun gagal menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Pasalnya, dua caleg tersebut dinyatakan melanggar tindak pidana pelanggaran pemilu sehingga dijatuhi hukuman vonis dua bulan penjara pada sidang putusan atas gugatan jaksa penuntut umum (JPU) di Pengadilan Tinggi (PT) Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (15/5) lalu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra La Ode Abdul Natsir, Senin (20/5) mengatakan, peserta pemilu yang melakukan pelanggaran kampanye yang dimaksud dalam pasal 280 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 telah berkekuatan hukum tetap akan dilakukan pembatalan penetapan calon terpilih.

“Dalam pasal 285 Undang-Undang 7 tahun 2017 terhadap putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap, maka KPU dapat mengambil tindakan berupa pembatalan penetapan caleg DPRD terpilih,” jelasnya.

Baca juga  KPU Sultra Jaga Independensi Dalam Proses Pendaftaran Jalur Perseorangan

Dalam Peraturan KPU nomor 4 tahun 2019 pasal 92, lanjut dia, tentang rekapitulasi hasil suara, KPU tidak mengikutsertakan calon tersebut dalam penyusunan peringkat suara sah terbanyak dan menuangkannya ke dalam catatan kejadian khusus.

“Penetapan caleg yang terpilih rencananya sesuai jadwal akan kita laksanakan 25 Mei 2019 mendatang dan pada penetapan itu, dua caleg asal PKS tersebut tidak ikut di dalamnya,” papar pemilik sapaan akrab Odjo.

Artinya, masih kata dia, yang akan dilantik menjadi anggota DPRD perwakilan PKS adalah calon pada urutan kedua pemilik suara terbanyak setelah Sulkhani dan Riki Fajar.

“Tapi itu sudah masuk urusan partai,” tandasnya.

Diketahui, pada pemilu 17 April lalu, Sulkhani berhasil terpilih sebagai Anggota DPRD Sultra dapil Kota Kendari dengan perolehan suara sebanyak 13.592 suara, sedangkan Riki Fajar berhasil terpilih sebagai Anggota DPRD Kota Kendari dapil Kambu-Baruga dengan perolehan suara sebanyak 2.620 suara.

Baca juga  Divonis Bebas, Riki Fajar Kembali jadi Perwakilan PKS di Dapil Kambu Baruga

Robin

Komentar dengan Facebook

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


-

Popular

Kantor Kabar Suluh

Gedung Creasi Center, Lt. 3
Jl. Ahmad Yani, No.80, Wua-wua, Kendari, Sulawesi Tenggara.
Phone: 081328451969

Info Redaksi

Untuk hak jawab pemberitaan, silahkan hubungi kami melalui email ke redaksi@kabarsuluh.com

Info Periklanan

Untuk kerjasama periklanan, silahkan hubungi kami melalui email ke iklan@kabarsuluh.com

Copyright © 2017 KABARSULUH.COM

To Top