Kendari

Perebutan Kursi Wawali, Ajang Pembuktian Siapa Terhebat antara PKS atau PAN

Hamrul Marsula S Sos M Si, Pengamat Politik Kota Kendari

KABARSULUH.COM – Perebutan kursi Wakil Wali (Wawali) Kota Kendari hingga kini masih menjadi perseteruan hebat antar partai pengusung, khususnya Partai Keadilan Sosial (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang belum mencapai endingnya.

Salah satu pengamat politik di Kota Kendari, Hamrul Marsula S Sos M Si menilai kondisi tersebut merupakan bentuk unjuk gigi antar kedua partai sebagai pembuktian siapa yang paling hebat.

“Ini kompetisi antara PAN dan PKS,” kata Hamrul, Selasa (21/5).

Ia menjelaskan, dilihat dari perjalanan dua partai politik (parpol) tersebut ketika bergandengan tangan maka jelas gambarannya, jika selama ini sejak masa pemerintahan Ir Asrun sebagai Wali Kota Kendari selama dua periode dimulai 2007 hingga 2017, posisi PAN selalu ada di atas PKS.

“Bahkan saat Pilwali 2017 lalu, PAN masih ada diatas PKS, tetapi kondisi itu tidak bertahan lama karena Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) datang,” papar dosen yang mengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UHO Kendari ini.

Baca juga  Usulan Nama Wawali Kota Kendari Tunggu Rekomendasi Parpol Pengusung

Namun saat ini, lanjut dia, kondisinya sudah berbeda. Pasalnya, jabatan Wali Kota Kendari diisi perwakilan PKS begitu juga dengan posisi Ketua DPRD Kota Kendari pada periode 2019-2024 nanti akan diisi perwakilan PKS, menggantikan posisi PAN yang telah lama menguasai kursi tersebut.

“Jadi, mungkin suda saatnya bendera PKS ada diatas. Namun, itu juga bisa gagal jika posisi jabatan Wawali Kendari diisi perwakilan PAN,” tandasnya.

Diketahui, jika PAN dan PKS masih belum menemukan titik temu siapa nama yang tepat untuk diusul sebagai calon Wawali Kendari.

PKS dan PAN juga tetap bersikeras terhadap pilihan masing-masing yaitu PKS membuka perekrutan ulang calon Wawali Kendari dan PAN tetap berpegang pada putusan awal dengan pengusungan Siska Karina Imran dan Rahman Tawulo sebagai calon Wawali Kendari.

Andre

Komentar dengan Facebook

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


-

Popular

Kantor Kabar Suluh

Gedung Creasi Center, Lt. 3
Jl. Ahmad Yani, No.80, Wua-wua, Kendari, Sulawesi Tenggara.
Phone: 081328451969

Info Redaksi

Untuk hak jawab pemberitaan, silahkan hubungi kami melalui email ke redaksi@kabarsuluh.com

Info Periklanan

Untuk kerjasama periklanan, silahkan hubungi kami melalui email ke iklan@kabarsuluh.com

Copyright © 2017 KABARSULUH.COM

To Top