Muna

LSM Lambu Ina Desak Dewan Sahkan Raperda Penghapusan Kekerasan Seksual

Diskusi RUU Penghapusan KS bersama utusan Parpol di hotel Asri Mulia.

KABARSULUH.COM – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lambu Ina kembali mendesak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muna untuk segera melegalitaskan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penghapusan Kekerasan Seksual menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Hal ini diungkapkan salah satu perwakilan LSM Lambu Ina Nuzhulan dalam diskusi pembahasan maraknya kekerasan seksual bersama perwakilan beberapa partai politik di Hotel Asri Mulia, Selasa (25/6).

“Persoalan penghapusan kekerasan seksual, telah kami suarakan sejak 2016 lalu melalui Komisi III DPRD Kabupaten Muna, hanya saja hingga saat ini belum ada titik terang,” kata Nuzhulan ditemui usai diskusi.

Ia menuturkan, berdasarkan data yang dimiliki pihaknya, jumlah kekerasan seksual di Kabupaten Muna cukup banyak dan mengalami peningkatan. Sehingga sudah semestinya ada Perda yang membantu Rancangan Undang Undang (RUU) Penghapusan Kekerasan Seksual disetiap daerah.

“Atas dasar ini dan banyaknya korban, kami dari LSM Lambu Ina selalu mendesak dewan agar secepatnya menetapkan Raperda Penghapusan Kekerasan Seksual yang sudah digagas,” terangnya.

Baca juga  Empat Parpol di Muna Dukung Desakan LSM Lambu Ina

Namun, jelas dia, dalam raperda tersebut ada hal yang perlu dibenahi yaitu terkait Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) RUU Penghapusan Kekerasan Seksual. Hal ini dikarenakan dalam setiap penanganan masalah kekerasan seksual, korban tidak mendapatkan haknya.

“Kita sepakat dengan draf RUU Penghapusan Kekerasan Seksual, tapi untuk DIM RUU-nya masih harus diperbaiki dan kami harap dalam raperda yang dibuat dewan, itu sudah dibenahi,” jelasnya.

Merujuk data kekerasan seksual di 2018 lalu, lanjut dia, sekurangnya ada 74 kasus yang korbannya tidak mendapatkan hak sebagai mana mestinya, padahal korban dari kasus itu adalah anak dibawa umur dan perempuan.

“Ini menujukan, jika DIM RUU Penghapusan Kekerasan Seksual harus dikaji ulang,” tandasnya.(c)

Laporan Imran

Komentar dengan Facebook

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


-

Popular

Kantor Kabar Suluh

Gedung Creasi Center, Lt. 3
Jl. Ahmad Yani, No.80, Wua-wua, Kendari, Sulawesi Tenggara.
Phone: 081328451969

Info Redaksi

Untuk hak jawab pemberitaan, silahkan hubungi kami melalui email ke redaksi@kabarsuluh.com

Info Periklanan

Untuk kerjasama periklanan, silahkan hubungi kami melalui email ke iklan@kabarsuluh.com

Copyright © 2017 KABARSULUH.COM

To Top